Home » , , » Cara merawat kucing yang sedang sakit tanpa obat kimia

Cara merawat kucing yang sedang sakit tanpa obat kimia

Kucing Bengal 

Bagi pencinta kucing tentunya menginginkan kucing kesayangannya sehat riang dan gembira bukan? oleh sebab itu sangatlah penting merawat dan menjaga agar hewan yang paling dicintai umat islam ini agar tidak sakit. saya akan berbagi pengalaman ketika kucing saya terkena demam.

sebelum menuju pada cara merawat kucing yang sedang sakit saya akan ceritakan pengalaman saya beberapa hari sebelum kucing bengal saya sakit. Sejujurnya ini adalah kucing pertama saya.

Saya mempunyai kucing bengal, saking sayang dan cintanya saya tidak membiarkan dari bulu-bulunya terkena debu-debu kotor, oleh karenanya saya memandikan kucing saya tersebut sehingga bersih dan wangi kembali. sebagai kucing hutan dia memang tidak takut air, hanya saja tetap terlihat kedinginan setalah dimandikan dan dikeringkan air yang ada di badannya. hal ini sering saya lakukan untuk menjaga kebersihannya. tapi berbeda kejadiannya saat terakhir saya mandikan.  saat itu dia seperti tidak kuasa menahan dingin walau dia sebelumnya tidak menolak untuk dimandingan. setalah badannya kering keceriaannya mulai hilang dan pada malam harinya dia terlihat tidak bertenaga setelah saya periksa ternya dia sakit demam. saya tidak panik, saya kira nanti juga pulih. tapi perkiraan saya salah. besoknya kucing bengal saya makin parah, di berjalan tak tentu arah seperti buta saja. hingga saya sampai pada titik panik setelah keadaannya makin memburuk. sepertinya dia sekarat, nafasnya pendek seperti mau meregang nyawa.

tanpa pikir panjang saya menanyakan hal tersebut kepada teman saya yang sebelumnya sudah lama dan berpengalaman merawat kucing. kata beliau mengobati kucing tidak harus dengan obat-obatan kimia yang justru akan menimbulkan efek lain yang bisa menimbulkan penyakit baru. dia juga mengatakan bahwa kucing bengal itu tidak boleh di mandikan terlalu sering. karena dia bisa mandi sendiri dengan menjilat bulunya. terlalu sering mandi hanya membuat dia jadi sakit. 

setelah itu saya di berikan tips mengobati kucing yang sedang sakit tanpa obat :

1. Minumkan air kelapa muda

banyak orang meyakini air kelapa muda maanfaatnya sangat banyak. bukan hanya bermanfaat untuk manusia saja melainkan kelapa muda juga bermanfaat untuk kesehatan hewat khususnya kucing yang sedang sakit. seperti halnya kucing saya yang mengalami muntah, badannya panas atau demam, linglung dan penyakit lainnya.

disamping itu banyak juga yang meyakini ion yang terdapat pada kelapa muda dapat mencegah kucing dari kekurangan cairan saat demam dan pasca demam.

jika kucing tidak berinisiatif untuk meminumnya sendiri dalam wadah. pemberian air kelapa muda bisa dilakukan dengan menggunakan suntik tanpa jarum atau mencampurya pada makanan yang akan diberikan.

2. Minumkan kuning telur ayam kampung yang masih mentah


kuning telur mengandung lemak baik dan banyak protein untuk kucing. selain itu kuning telur bisa menambah nafsu makan kucing.

pemberian kuning telur juga bisa dilakukan dengan menggunakan suntik tanpa jarum jika kucing tidak mau berinisiatif memakannya sendiri di wadah yang disediakan. mencampurkan kuning telur pada makanan yang akan diberikan juga cara yang bagus untuk memberikan kepada kucing.

3. jika ingin memberikan minum berikan air yang sudah dimasak.

memberikan air yang sudah dimasak adalah perilaku yang tepat dalam menjaga kucing kesayangan agar selalu sehat. jangan menggunakan air mentah dalam mengaduk susu dan makanan yang akan diberikan.

4. berikan tempat yang hangat jika perlu selimutkan.

Pastikan kondisi tempat kucing istirahat, nyaman dan hangat (tidak panas) sehingga kucing merasa nyaman sejuk dan segar. perasaan yag sejuk, segar dan hangat akan membantu anti body kucing  agar kuat melawan serangan bakteri dan virus 




Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar