Bekerja Berlebihan tidak profesional


Profesional dalam KBBI berarti hal yang bersangkutan dengan profesi, memerlukan keahlian atau kepandaian khusus untuk melakukannya, dan mengharuskan adanya imbal atau pembayaran untuk melakukan hal itu. 

Draugiem group sebuah perusahaan skala internasional yang berada di latvia eropa, (silahkan browsing perusahaan ini) perusahaan ini bergerak di bidang sosial networking pernah melakukan penelitian salah satu hasilnya adalah kerja 8 jam atau lebih per hari justru memberikan dampak buruk bagi pekerja dan perusahaan/organiasasi dalam jangka panjang. 

Draugiem group memang tidak menyangkal bahwa bekerja dapat menstimulasi aktifitas otak serta menjaga fungsi kognitif otak pekerja sehingga bertahan sampai umur lanjut usia. 

Pada pada penelitian lain di Australia yaitu di Melbourne Institute Of Applied Economic And Social Research mengadakan tes membaca pola dan ingatan terhadap lebih dari 6000 karyawan pada umur 40 tahun ke atas, agar dapat melihat pengaruh jam kerja perminggu seseorang pekerja, apakah berpengaruh kepada kemampuan kognitif para pekerja atau tidak. Mengapa umur 40 tahun, karena pada sebagian besar orang akan menurun performanya pada umur 40 tahun. 

Temuan pada penelitian tersebut adalah meski kondisi tuntutan pekerjaan untuk bekerja lebih lama, ternyata otak kita tidak dirancang untuk stres dan bekerja lebih dari 7 jam sehari pada usia 40 tahun. Pada penelitian sebelumnya pekerja di berbagai usia berpeluang sangat besar mengalami stress kronik, kerusakan kognitif dan gangguan mental bagi yang bekerja 8 jam ke atas.

Oke kembali ke laptop. lalu apakah konsep profesional mengabaikan hasil penelitian di atas walau pekerja dituntut untuk berproduksi dengan target yang tinggi. beberapa kasus baik di intansi pemerintah maupun swasta yang jam kerjanya melebih dari 8 jam. apakah konsep profesionalitas mengabaikan dampak buruk pada perusahaan/instansi itu sendiri jika memaksakan pekerja untuk bekerja lebih dari 8 jam?

Justru seharusnya pekerja tersebut disebut pekerja profesional apabila pekerja tersebut selain mempnyai kemampuan 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Badan Pusat Statistik (BPS), Tugas, Fungsi dan Kewenangan

Turunkan Demam Anak dan Turunkan Panas Tinggi tanpa obat kimia