Home » , » Tidak ada Duka hanya Suka di Capacity Building KSK

Tidak ada Duka hanya Suka di Capacity Building KSK

Dulu namanya Rapat Teknis. Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) menyebutnya dengan ratek. Ratek biasanya sangat ditunggu-tunggu KSK. Kenapa tidak?,  ratek diadakan tidak rutin setiap tahun tergantung ketersediaan anggaran padahal KSK mengharapkan acara ini tidak saja sekali dalam setahun namun kalau bisa satu kali per bulannya. Selain itu ratek juga memberikan ruang dan kesempatan untuk bersilaturrahim dengan sesama KSK seluruh BPS se Provinsi Sumatera Barat dan menyampaikan “unek-unek” atau “keluh kesah” dalam arti yang positif, lagi pula acara ini dilaksanakan di hotel berbintang. Artinya disana para pegawai BPS mengevaluasi kinerja yang sudah telah selesai dilakukan dan membahas strategi kerja untuk kegiatan berikutnya. Kesempatan ini menjadi ajang komunikasi antara KSK dan jajaran pimpinan BPS di daerah maupun di BPS Pusat dalam menyampaikan masalah-masalah di lapangan, dalam hal apa saja, mulai dari aturan yang berlaku atau biasa disebut SOP, lalu kendala yang dihadapi saat pencacahan hingga ke masalah keuangan.

Sekarang namanya capacity building KSK. Sekarang lebih disempurnakan dari pada kegiatan sebelumnya yang hanya sekedar evaluasi dan penyampaian “keluh kesah” sekarang dikembangkan menjadi pengembangan kualitas diri KSK. Para panitia juga semangat dalam melayani KSK sesuai tema pengembangan kualitas diri KSK,  panita mengakomodir acara tersebut dengan mengundang para ahli dalam menempah menjadi pribadi yang berkinerja lebih baik dari hari ke hari.  Ini sangat luar biasa.

Pada tanggal 26 sampai dengan 30 November 2018. 101 (seratus satu) KSK se-Provinsi Sumatera Barat di dibekali materi-materi pengembangan kualitas dan potensi diri di Hotel Emersia Batusangkar Kabupaten Tanah datar Provinsi Sumatera Barat. KSK dari awal sudah mengetahui siapa-siapa para ahli yang nanti akan menjadi narasumber beserta bidangnya. Karena panitia sebelumnya telah membuat matriks jadwal yang dipedomani bersama.  Hari pertama kita menerima suguhan hangat dari Bapak Jack Alenzo tentang pembentukan mental dan karakter KSK. Dari situ kita merasa hidup kembali dengan semangat yang baru. Di hari kedua kita menerima ”jurus-jurus” menulis dari Bapak Buyung Sudirman yang sudah malang melintang di dunia tulis menulis. Lalu di hari ketiga kita direncanakan untuk belajar penyusunan publikasi yang akan di berikan materinya oleh Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik.

Kegiatan ini seperti ketimpa durian runtuh, karena sebagai KSK kita sudah diberikan ruang dan waktu dalam menyampaikan “keluh kesah” ke jajaran pimpinan di BPS, setelah itu kita juga diberikan bekal ilmu dalam pengembangan kualitas diri yang bisa kita manfaatkan dalam pekerjaan dan juga bisa di manfaatkan dalam menjalani hidup sehari hari oleh narasumber-narasumber yang “jitu”.

Semoga capacity bulding ini bisa terus dilakukan secara rutin setiap tahunnya bahkan kalau bisa ini dilakukan setiap bulannya, atau paling tidak satu kali dalam satu semester. Terimakasih Badan Pusat Statistik. Semoga BPS semakin jaya dan semakin dipercaya sebagai pelopor data yang terpercaya.





sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar di www.harryaalfha.com