Home » , , , » Tetap gemuk padahal puasa?

Tetap gemuk padahal puasa?


http://www.harryaalfha.com/2017/06/tetap-gemuk-padahal-puasa.html
Gemuk(berat badan naik) -
Tetap gemuk padahal puasa?. Saat melaksanakan ibadah puasa seharusnya tubuh bisa menjadi lebih sehat dan ramping. Ini terjadi karena waktu makan hanya menjadi dua kali dalam sehari. Walaupun begitu, banyak yang mengalami pada saat melaksanakan ibadah puasa berat badan malah makin naik dan terlihat lebih gemuk. Mengapa demikian?. Saat melaksanakan puasa biasanya berat badan akan menurun, ini terjadi karena waktu untuk makan itu terbatas, dan apabila orang salah menerapkan pola makannya, maka sebaliknya berat badan bisa naik dengan drastis.
Pada bulan puasa biasanya membuat seseorang yang berpuasa mengurangi aktivitas gerak atau fisiknya. Tapi makanan yang dimakan pada saat sahur dan saat berbuka tetap dengan porsi orang yang akan beraktivitas  banyak atau banyak gerak.
"Pada prinsipnya, berat badan naik (selain masa pertumbuhan) disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi lebih banyak dibandingkan makanan yang dikonversi atau diolah menjadi tenaga. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang yang berpuasa, bukannya makin sehat dan ramping malah gemuk dan tidak sehat di bulan puasa,"seperti yang dijelaskan oleh Dr Samuel Oetoro, SpG.K., ahli gizi klinik FKUI-RSCM. Dr Samuel menjelaskan bahwa orang yang berpuasa sering punya kebiasaan makan berlebihan saat makan sahur dengan alas an takut lemas saat siang hari, selain itu kebiasaan balas dendam saat buka puasa juga banyak yang melakukannya.
Selain itu  kebiasaan orang yang berpuasa di pagi dan siang harinya mengurangi aktifitas fisiknya, banyak tidur dan jarang sekali bergerak. sehingga lemak di dalam tubuh yang menyebabkan berat bada pun tidak berkurang bahkan malah meningkat walaupun sedang melaksanakan. Apalagi, kebanyakan orang melakukan aksi balas dendam pada saat buka puasa.
Kebanyakan orang biasanya melampiaskan dendamnya lalu memakan semua makanan yang manis, kolak dengan santannya, makanan berlemak dan gorengan, yang semuanya berkalori tinggi.

Menurut Dr Samuel, supaya berat badan tidak naik saat melaksanakan ibadah puasa seharusnya seseorang itu senantiasa mengontrol pola makan dan beraktifitas fisik/berolah raga. Dr Samuel juga merekomendasikan beberapa tips agar berat badan tidak naik pada bulan puasa:
  1. Sahur lah dengan komposisi nutrisi dan protein yang tepat ,
  2. Tidak berlebihan memakan makanan atau meminum minuman yang manis, seperti sirup, kolak, es buah dan lainnya.
  3. Makanlah secukupnya. Kurangi santan, makanan berlemak, gorengan dan makanan yang berlemak dan berkalori tinggi lainnya.
  4. Jangan jadikan saat berbuka puasa untuk melampiaskan dendam,
  5. Tetap kontrol pola makan dengan memakan banyak sayur dan buah.
  6. Tetap berolahraga meski sedang puasa, setidaknya setelah subuh dan setengah jam menjelang buka puasa. Olahraga yang disarankan adalah jalan kaki, bersepeda, berenang dan beberapa olahraga ringan lainnya.
Demikian artikel ini semoga bermanfaat bagi kita semua, selamat menjalankan ibadah puasa. Jika pola makan anda terlanjur tidak sehat dalam arti ti tetap merasa berat badan naik dan terlihat gendut silahkan simak testimoni orang yang bisa ramping dalam waktu yang relatif  singkat



sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar di www.harryaalfha.com