Februari 12, 2020

Pengalaman sakit pada dada sebelah kanan ternyata

Pada awal Januari 2020 lalu saya merasa sakit di dada sebelah kanan,  kira-kira sakitnya dari dada tembus ke pungung atau kadang terasa dari punggung terus ke dada. awal saya merasa sakit ini saat saya pada posisi tidur atau posisi saat berdiri dan menggerakkan dada tiba-tiba. saya takut jangan-jangan ini serangan jantung. 
Seperti biasa saya punya kebiasaan yang tidak baik. yaitu mengabaikan dan tidak segera memeriksakannya ke dokter. hingga pada tangga 07 Januari 2010 saya merasa takut sekali karena sakitnya sudah tidak biasa, saya pun pergi memeriksakan sakit yang saya alami ke dokter keluarga BPJS di salah satu kliknik di bukittinggi. di sana saya di periksa oleh dokter, mulai dari menanyakan riwayat kesehatan saya akhir-akhir ini, periksa tekanan darah dan cek detak jantung. Saya baru saja sembuh dari demam yang disertai batuk pilek berat, sehingga saat saya batuk waktu itu harus pakai tenaga alias kuat supaya saya merasakan lega di tenggorokan dan dahaknya keluar. tetapi saat saya menderita sakit tersebut dada saya tidak sakit, malah sakitnya muncul setelah saya sembuh dari demam, batuk pilek tersebut. 
Setelah saya diperiksa, dokter menjelaskan kepada saya tentang kondisi kesehatan saya. dokter bilang bahwa saya tidak terkena serangan jantung seperti yang saya takutkan, saya lega, saya juga tidak dianjurkan berobat lebih lanjut karena mungkin menurut dokter tersebut dia bisa menangani kasus kesehatan yang saya alami. 
setelah dokter memberikan saya obat saya pun pulang kerumah, karena masih penasaran tentang apa yang saya alami, sayapun membuka aplikasi bpjs kesehatan dari smartphone saya dan saya melihat diagnosa yang baru saja saya periksakan. pada aplikasi BPJS tersebut saya melihat diagnosa yang di laporkan dokter tersebut ke BPJS adalah acute pharyngitis. setelah saya browsing di internet ternyata itu sakit di bagian tenggorokan hingga ke esopagus yang disebabkan oleh hal-hal diluar penyakit yang mendasari. seperti berbicara lantang dengan sering dan dengan waktu yang lama, atau luka yang di akibatkan makanan yang melalui saluran tersebut, sehingga saya merasa sedikit lega karena menurut dokter saya tidak menderita penyakit jantung.
demikian pengalaman saya semoga bisa membantu. 


Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar di www.harryaalfha.com