Home » » Kekuatan Islam itu adalah Akhlaq Mulia

Kekuatan Islam itu adalah Akhlaq Mulia


Foto by google.co.id
Kekuatan Islam itu adalah akhlaq mulia, memang islam itu adalah agama tauhid sama seperti yahudi dan nasrani. Yahudi, nasani dan islam adalah agama atau jalau hidup samawi yang sama-sama diturunkan oleh Allah kepada manusia melalui utusan-utusannya. Ketiga ajaran yang di turunkan Allah tersebut kepada manusia melalui utusannya itu seperti Ibrahim A.S, Musa A.S, Muhammad, SAW mengandung ajaran tauhid.

Ajarah tauhid itu berkembang hingga pada masa Nabi Muhammad SAW sebagai nabi penutup dan nabi akhir zaman. Manusia sudah mengenal Allah jauh sebelum nabi Muhammad, SAW lahir, karena masyarakat yang hidup pada waktu itu adalah penganut nasrani dan sisa-sisa yahudi. Orang-orang yahudi dan nasrani beribadah kepada Allah dengan cara yang diajarkan kepada mereka melalui nabi-nabi sebelum Muhammad SAW. 

Setelah Nabi Muhammad lahir, dan menyuarakan bahwa Allah telah menyempurnakan ajarannya melalui ajaran hidup yaitu islam berikut dengan tata cara ibadahnya yang baru, artinya tidak seperti ibadah ajaran-ajaran sebelumnya. salah satunya adalah sholat lima waktu dan tata caranya. 

ajaran yang mengenalkanAllah pertama kali kepada manusia bukanlan ajaran yang dibawa oleh Nabi kita Muhammad SAW, namun sejak Nabi Adam A.S Allah dan ajaran tauhid  itu sudah diperkenalkan kepada Manusia. hanya saja dari skenario yang di buat Allah Azza wajalla Aklaq manusia makin ke akhir makin rusak hingga turunnya ajaran islam yang dibawah oleh rasulullah Muhammad SAW. 

dari Abu Hurairah R.A ia berkata : Rasulullah Muhammad SAW, bersabda : 
Sesungguhnya aku hanya diutus untuk memperbaiki dan menyempurnakan akhlaq manusia

Hadist diatas Riwayat Ahmad dalam musndanya  No. 8952, Al-Bukhari dalam Al-adab al mufrad no. 273, Al-bayhaqi dalam syu'ab  al-iman no. 7609, al-khara'ith dalam makarim Al-Akhlaq no. 1 dan lainnya.

dalam riwayat At-Tabari Rasulullah bersabda : 
"sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling baik akhlaqnya."

artinya tidak ada kekuatan ajaran islam selain akhlaq mulia, Ibnu Manzhur (w. 17 H) menjelaskan artik kata akhlaq itu adalah sifat, tabi'at dan watak alami. 

perlu di pahami bahwa hadist diatas tidak bicara mengenai proses dakwah melainkan tujuan diutusnya Rasulullah Muhammad SAW dengan menonjolkan akhlaq mulia. adapun proses yang untuk menuju kemuliaan akhlaq tersebut sudah dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW melalui sunnah-sunnahnya, 

Bukan berarti Rasulullah Muhammad SAW mengabaikan dakwah tauhid. .Rasulullah juga menyuarakan penyempurnaan beribadah kepada Allah dari ibada-ibadah yang sudah ada (yang diajarkan nabi-nabi sebelumnya. hanya sekarang yang di sampaikan rasulullah Muhammad SAW adalah penyempurnaan tauhid dengan penyempurnaan ibada kepada Allah SWT. 

Jadi ..,Apalah artinya islam tanpa akhlaq mulia. bisa jadi akan terlihat sebagai orang kafir..






sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar di www.harryaalfha.com